Hallo perkenalkan saya Mohammad Hagi Ihsan Kelana,kali ini saya akan membuat artikel "tentang Apa itu graf,diagram blok,diagram sistem lunak beserta contohnya"
1. GRAF
2. DIAGRAM BLOK
Diagram blok adalah suatu pernyataan gambar yang ringkas, dari gabungan sebabdan akibat antara masukkan dan keluaran dari suatu system.
Blok/Kotak adalah : Biasanya berisikan uraian dan nama elemennya, atau simbuluntuk operasi matematis yang harus dilakukan pada masukkan unt7ukmenghasilkan KeluaranTanda anak panah : Menyatakan arah informasi aliran isyarat atau unilateral.Sebagai ontoh sederhana diperlihatkan sbb:
!iri"iri operasi pen#umlahan dan pengurangan, agar dapat digambarkan searakhusus, maka bentuk blok seperti distas diubah men#adi sebuah lingkaran keilyang disebut dengan titik pen#umlahan, dengan tanda plus $ % & dan atau minus $ " &,yang tetap sesuai dengan anak"anak panah yang memasuki lingkaran. Sedangakankeluarannya $ 'utput & adalah #umlah al#abar dari inputnya. !ontoh :
Ciri-ciri operasi penjumlahan dan pengurangan, agar dapat digambarkan secarakhusus, maka bentuk blok seperti distas diubah menjadi sebuah lingkaran kecilyang disebut dengan titik penjumlahan, dengan tanda plus (+) dan atau minus (-),yang tetap sesuai dengan anak-anak panah yang memasuki lingkaran. Sedangakan keluarannya (output) adalah jumlah aljabar dari inputnya. contoh :
Agar dapat menggunaka isyarat yang sama sebagai suatu mesukan oke lebih satu blok atau titik penjumlahan digunakan sebuah titik lepas landas. Hal inimenunjukkan isyarat tersebut berjalan tanpa berubah sepanjang lintasan-lintasan yang berbeda ke beberapa tujuan.
3. DIAGRAM SISTEM LUNAK
UML adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek.UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language. UML juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan.
1. GRAF
- Dalam bidang matematika dan ilmu komputer, teori graf mempelajari tentang graf yaitu struktur yang menggambarkan relasi antar objek dari sebuah koleksi objek. Definisi dari suatu graf adalah himpunan benda-benda yang disebut verteks (atau node) yang terhubung oleh sisi (atau edge atau arc). Biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan verteks) yang dihubungkan oleh garis-garis (melambangkan sisi).Definisi tersebut dituangkan dalam notasi matematika sebagai berikut :G = (V,E) , denganV = himpunan tidak-kosong dan berhingga dari simpul-simpul (vertices) = {v1, v2, … , vn}E = himpunan sisi (edges) yang menghubungkan sepasang simpul = {e1, e2, … , en}Graf memiliki banyak jenis, di antaranya berdasarkan ada tidaknya gelang atau sisi ganda, kemudian ada juga yang dibedakan bedasar orientasi arah pada sisisisinya. Pembahasan akan dikhususkan pada jenis graf berdasar orientasi arah pada sisi, karena definisi dari golongan graf ini diperlukan dalam pembahasan selanjutnya.
Diagram blok adalah suatu pernyataan gambar yang ringkas, dari gabungan sebabdan akibat antara masukkan dan keluaran dari suatu system.
Blok/Kotak adalah : Biasanya berisikan uraian dan nama elemennya, atau simbuluntuk operasi matematis yang harus dilakukan pada masukkan unt7ukmenghasilkan KeluaranTanda anak panah : Menyatakan arah informasi aliran isyarat atau unilateral.Sebagai ontoh sederhana diperlihatkan sbb:
!iri"iri operasi pen#umlahan dan pengurangan, agar dapat digambarkan searakhusus, maka bentuk blok seperti distas diubah men#adi sebuah lingkaran keilyang disebut dengan titik pen#umlahan, dengan tanda plus $ % & dan atau minus $ " &,yang tetap sesuai dengan anak"anak panah yang memasuki lingkaran. Sedangakankeluarannya $ 'utput & adalah #umlah al#abar dari inputnya. !ontoh :
Ciri-ciri operasi penjumlahan dan pengurangan, agar dapat digambarkan secarakhusus, maka bentuk blok seperti distas diubah menjadi sebuah lingkaran kecilyang disebut dengan titik penjumlahan, dengan tanda plus (+) dan atau minus (-),yang tetap sesuai dengan anak-anak panah yang memasuki lingkaran. Sedangakan keluarannya (output) adalah jumlah aljabar dari inputnya. contoh :
Agar dapat menggunaka isyarat yang sama sebagai suatu mesukan oke lebih satu blok atau titik penjumlahan digunakan sebuah titik lepas landas. Hal inimenunjukkan isyarat tersebut berjalan tanpa berubah sepanjang lintasan-lintasan yang berbeda ke beberapa tujuan.
3. DIAGRAM SISTEM LUNAK
UML adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek.UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language. UML juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan.
UML diciptakan oleh Object Management Group yang diawali dengan versi 1.0 pada Januari 1997. Dalam pengembangan berorientasi objek ada beberapa prinsip yang harus dikenal:
- Object
- Class
- Abstraction
- Encapsulation
- Inheritance
- Polymorphism
Jenis Jenis Diagram UML :
- Use Case Diagram
- Activity Diagram
- Sequence Diagram
- Class Diagram
- Statemachine Diagram
- Communication Diagram
- Deployment Diagram
- Component Diagram
- Object Diagram
- Composite Structure Diagram
- Interaction Overview Diagram
- Package Diagram
- Diagram Timing
UML sangat digunakan di dunia kerja maupun di dunia pendidikan. Di dunia pekerjaan ada beberapa jobdesk yang menggunakan UML seperti, system analyst, software architect, dan technical writer. UMLpun digunakan di dunia pendidikan seperti diperguruan tinggi yang membuka jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, manajemen informatika dan komputerisasi akutansi yang dimana beriorientasi pada objek dan pemrograman Java, C++, PHP, dll
Beberapa alat yang membantu kita untuk menggunakan UML yaitu CASE ( Computer Aided Software Engineering ), ada beberapa CASE yang digunakan oleh professional dalam menjalankan UML diantaranya:
- Sybase Power Designer
- Rational Rose
- Microsoft Visio
- Enterprise Architect
Ada beberapa CASE yang open source dan dapat digunakan secara bebas yaitu :
- StarUML
- DIA Diagram Editor
- Umbrello
- ArgoUML
- Software Ideas Modeller
- Eclipse UML2
Mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini terima kasih
Daftar Pustaka
0 Comments
✓ Jangan Lupa anda tinggalkan comment,karena Comment kalian Berharga Bagi saya
✓ Jika Blog ini Bermanfaat maka tidak ada salahnya untuk anda Share
✓ Manusia Jaman Sekarang Lebih Suka Membaca Informasi di Internet
✓ Jangan Fokus untuk memiliki Blog yang bagus,Fokuslah dalam membuat / Memposting konten konten / artikel artikel yang Bermanfaat
✕ Hagi Suka Nonton Bokep ? ✖